LGV6NWVbNGx6MWVcNGt9NWx6yTUfATofA6YbyaV=
0

Keranjang Belanja

Sub-Total : 0
Checkout
Pengertian motion graphic dan kegunaan bagi para desainer

Pengertian motion graphic dan kegunaan bagi para desainer

Jasa Video Opening - Baru-baru ini, situs web animasi adalah salah satu dunia yang sedang mengalami peningkatan popularitas. Padahal, hal ini tidak mengherankan mengingat perkembangan dunia digital saat ini.

Melihat keadaan tersebut, Anda bisa menjadikan posisi sebagai pilihan dalam karir Anda. Hal ini terutama bagi Anda yang menyukai dunia desain. Jadi sebenarnya apa sih animasi itu? Selain itu, apa kegunaannya?

motion graphic


Pengertian Motion Graphics?


Secara umum animasi merupakan campuran media visual yang memadukan bahasa sinema dan desain grafis. Hal ini dilakukan dengan mengintegrasikan elemen-elemen lain seperti 3D, 2D, ilustrasi, animasi, tipografi, fotografi, video, dan musik.

Di dunia penyiaran, animasi memiliki kehadiran yang sangat kuat di televisi. Contohnya adalah melakukan iklan, berita, hiburan, promosi, atau membuka acara TV. Menurut interpretasi Biteable, secara sederhana animasi dapat dikatakan sebagai animasi dengan komponen utama berupa teks. Motion graphic juga bisa dikatakan desain kartun.

Jadi apa sebenarnya kegunaan dari grafik bergerak ini? Animasi digunakan untuk menghubungkan dengan penonton dan menambah kedalaman cerita. Dengan penambahan musik dan teks yang efektif, ilustrasi yang dihasilkan akan memiliki pesan dan makna yang ingin disampaikan.

Kegunaan Motion Graphics?


Selain membuat ilustrasi lebih hidup, menurut EDUCBA masih banyak kegunaan lain dari animasi. beberapa dari mereka:

1. Pertukaran informasi

Jika Anda ingin berbagi informasi atau pesan dengan audiens Anda, cara ini bisa dikatakan cara yang mudah dan efektif. Dengan cara ini, Anda dapat mengonversi semua informasi sebagai gif dan menambahkan audio dan teks yang sesuai. Selain enak dipandang mata, informasi yang ingin disampaikan juga akan mudah dipahami orang lain.

2. Film dan video

Salah satu kegunaan animasi yang paling umum adalah untuk menampilkan judul yang biasa kita lihat di awal atau akhir film. Kegunaannya tentu saja mengejutkan dan memukau penonton. Tak heran jika gaya audio dan teks yang menarik dipilih untuk membuat film lebih menarik.

3. Logo

Logonya juga bisa dibuat menggunakan motion graphic lho! Jika logo hanya 2D, buat logo lebih menarik dengan menggunakan animasi. Biasanya logo animasi ini dapat dipasang pada konten video yang dibutuhkan agar terlihat lebih hidup.

4. Konten media sosial

Di era digital ini, kebutuhan akan konten media sosial semakin beragam, terutama untuk brand. Untuk menarik perhatian followers diperlukan konten yang beragam, mulai dari gambar, video, bahkan animasi. Merek, saluran berita, atau bahkan akun resmi negara tidak hanya menggunakan konten seluler. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan masyarakat dalam memahami informasi yang diberikan. Tentu saja, akan sulit untuk mengasimilasi informasi yang kompleks jika dalam bentuk teks yang panjang.

Mengubah format menjadi animasi memang efektif, karena selain lebih pendek juga lebih mudah dipahami.

5. Pemasaran Digital

Dalam pemasaran digital, ada banyak cara untuk mempromosikannya seperti SEO, pemasaran media sosial, SEM dan lain-lain. Semua teknik pemasaran online dapat menggunakan animasi ini untuk tujuan promosi atau lainnya.

Jika Anda sudah tertarik untuk menjadi seorang desainer grafis gerak, ada tugas dan tanggung jawab yang perlu Anda pahami. Diantara yang lain:
  1. Harus mempublikasikan desain dan pembuatan animasi perusahaan
  2. Mempersiapkan rencana desain, konsep, desain, dan proyek tertentu
  3. Buat berbagai bentuk animasi, termasuk web, seluler, dan lainnya
  4. Bekerja sama dengan tim teknis dan kreatif untuk memahami proyek yang mereka kerjakan bersama
  5. Ikut serta dalam pemilihan audio, video, warna, animasi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan desain grafis
  6. Bekerja sama dengan editor, produser, dan desainer lain untuk memecahkan masalah teknik atau desain
  7. Edit klip video dan tambahkan efek atau animasi.
  8. Teliti dan analisis teknik desain terbaik
  9. Berpartisipasi dalam desain dan pembuatan storyboard
  10. Brainstorming untuk berbagi desain dan ide baru
  11. Pertahankan pengetahuan dan tren terkini dalam desain grafis dan teknik desain
  12. Pastikan Anda selalu mengerjakan proyek sesuai dengan pedoman perusahaan dan standar desain

Dasar Ilmu motion graphic


Untuk mencoba animasi motion graphic, ada keterampilan dan kualifikasi yang perlu Anda kuasai, termasuk:

1. Keterampilan desain grafis

Untuk memasuki dunia ini, Anda harus memiliki perintah dasar dalam teknik desain grafis. Anda setidaknya harus memahami tata letak, tipografi, dan juga elemen penting dari teori warna.

Menganimasikan gambar tidaklah mudah, jadi Anda perlu mengasah kemampuan desain grafis Anda sebelum mempelajari cara membuat animasi.

2. Pahami animasinya

Untuk memasuki dunia animasi, Anda harus sudah menguasai 12 elemen penting animasi.

Anda dapat mengatakan bahwa ini sangat penting, tidak peduli seberapa bagus teknologi yang Anda gunakan atau seberapa kompleks perangkat lunak yang Anda gunakan. Berikut adalah 12 item:
  • kompresi dan ekstensi
  • pantau terus
  • Mulai
  • Pose Lurus ke Depan
  • Lacak dan lapisi pekerjaan
  • Masuk dan keluar perlahan
  • Membengkokkan
  • pekerjaan sampingan
  • Momen
  • Berlebihan
  • gambar padat
  • menarik
Tentu saja, memahami 12 elemen penting dari animasi bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Anda harus memahaminya saat berlatih. Praktek adalah kunci dunia desain grafis.

3. Kreativitas

Salah satu tujuan utama seorang desainer gerak adalah untuk menceritakan sebuah cerita kepada penonton.

Tugas seorang animator bukan hanya menghidupkan gambar. Anda harus tahu cara terbaik untuk membuatnya hidup.

Secara sederhana, seorang desainer gerak dapat dikatakan sebagai seorang pendongeng. Kreativitas sangat penting untuk menjadi seorang desainer karena Anda akan menemukan berbagai jenis klien dan proyek.

Permintaan setiap klien berbeda-beda, dan tentu saja seorang desainer tidak dapat menggunakan teknik atau metode yang sama dalam semua proyek yang dikerjakannya. Jangan lupa untuk mencari inspirasi untuk memperkaya referensi.

4. Kemampuan teknis

Selain kreativitas, kemampuan teknis ini jelas merupakan hal yang sangat penting. Dalam konteks ini, Anda perlu menguasai perangkat lunak penting untuk membuat grafik gerak. Program-program ini meliputi:
  • Photoshop
  • Adobe After Effects
  • cinema 4D
  • Maya 3D
  • Adobe Ilustrator

Detail Pemesanan

Pengertian motion graphic dan kegunaan bagi para desainer
Pengertian motion graphic dan kegunaan bagi para desainer
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Contact Us via Whatsapp