LGV6NWVbNGx6MWVcNGt9NWx6yTUfATofA6YbyaV=
0

Keranjang Belanja

Sub-Total : 0
Checkout
Cara mendeteksi dan menghentikan pelacakan lokasi seseorang lewat email

Cara mendeteksi dan menghentikan pelacakan lokasi seseorang lewat email

javagrafis.com - Ada sejumlah layanan yang memungkinkan pengirim melacak email, termasuk kapan email dibuka, tautan mana yang diklik, perangkat mana yang digunakan, dan bahkan lokasi penerima saat ini. Dan semua ini tanpa persetujuan pembaca.

Oleh karena itu, saya pikir email harus menjadi sesuatu yang pribadi dan saya menemukan pelacakan email sebagai bentuk pelanggaran privasi. Jadi, penangkal yang saya gunakan untuk ini adalah sekumpulan trik untuk melacak dan menonaktifkan pelacakan email. Jika Anda merasakan hal yang sama, saya dapat membantu Anda menyelamatkan Anda dari pelacakan email juga. Di bawah ini adalah beberapa cara Anda dapat mengetahui apakah email Anda sedang dilacak dan cara menonaktifkan fitur ini untuk email Anda.

Email Tracking


Cara kerja pelacakan email

Sebelum kita masuk ke bisnis, pertama-tama mari kita lihat bagaimana sebenarnya pelacakan email bekerja. Biasanya ada dua cara untuk melacak email. Perangkat lunak pelacakan akan melampirkan gambar yang dapat dilacak yang tidak terlihat yang disebut suar piksel atau Anda akan menerima tautan yang dapat Anda klik untuk melihat konten email.

Dalam metode pertama, gambar yang dapat dilacak terhubung ke server perangkat lunak pelacakan untuk memberi tahu mereka tentang interaksi email. Dan dalam hal tautan pelacakan, antarmuka tempat Anda membaca email itu sendiri adalah pelacak.

Deteksi email secara manual

Ada beberapa cara untuk mendeteksi pelacakan email, di bawah ini adalah solusi untuk metode pelacakan yang paling umum:

Metode 1: cari gambar eksternal
Semua layanan email populer seperti Gmail, Outlook, dan Yahoo tidak menampilkan gambar eksternal secara default. Penyedia email Anda akan secara otomatis meminta Anda untuk membuka gambar eksternal atau tidak, jika ada gambar yang dapat dilacak. Anda dapat menolak permintaan ini untuk menonaktifkan pelacakan email tersebut.

Tentu saja, mungkin saja email tersebut berisi gambar penting. Namun, Anda harus menebak sendiri apakah email tersebut berisi gambar pelacakan atau gambar yang sebenarnya dapat dilihat.

Metode 2: jangan klik tautan
Membuka tautan di dalam email tidak pernah disarankan, dan ini terutama berlaku untuk tautan untuk melihat konten email. Jika email memiliki tautan untuk melihat konten email, klik tautan tersebut hanya jika Anda dapat memberi tahu pengirim bahwa Anda telah membaca pesan tersebut.

Metode 3: cari alamat email pihak ketiga
Sebagian besar pelacak sisi server mengirim email atau URL situs web mereka bersama dengan email, Anda dapat mencarinya untuk memeriksa pelacakan.

Untuk mendeteksi apakah email Anda dilacak melalui metode ini, buka layanan email Anda dan cari opsi Tampilkan pesan asli yang menunjukkan data sisi server. Misalnya, di Gmail, Anda dapat mengklik Lainnya> Tampilkan Asli untuk mengaksesnya.

Cara mendeteksi dan menghentikan pelacakan lokasi seseorang lewat email

Untuk melihat semua alamat dalam pesan asli, tekan Ctrl + F dan ketik .com ke dalamnya. Ini akan mengungkapkan alamat email atau situs web yang disebutkan di sana. Jika Anda menemukan alamat pihak ketiga selain layanan email Anda, tautan dalam pesan, atau alamat email Anda, carilah secara online untuk melihat apakah itu terhubung ke layanan pelacakan atau tidak.

Tangkapan layar di bawah ini menunjukkan bahwa email sedang dipantau oleh layanan pelacakan email Yesware yang populer.

Cara mendeteksi dan menghentikan pelacakan lokasi seseorang lewat email


Dengan menggunakan metode ini, Anda juga dapat menggunakan pelacakan kata kunci dalam konten asli. Terkadang layanan pelacakan mungkin tidak menyebutkan alamat mereka, tetapi jalur pelacakan atau kata harus ada di sana.

Deteksi email secara otomatis

Metode di atas bagus, tetapi tidak terlalu bisa diandalkan. Itu sebabnya saya sarankan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lebih efektif. Untuk tujuan ini, saya telah menggunakan Email Jelek sejak awal. Ini adalah ekstensi Chrome yang memungkinkan Anda melihat email terlacak di Gmail. Sayangnya, ini terbatas pada pengguna Chrome dan Gmail saja.

Email Jelek telah meningkat pesat baru-baru ini dan mendukung hampir semua layanan pelacakan populer. Itu dapat mendeteksi dan menonaktifkan pelacakan email dan bahkan dapat mengetahui layanan mana yang digunakan untuk pelacakan. Setelah diinstal, itu hanya akan menampilkan ikon "mata" di sebelah email yang dilacak.

Cara mendeteksi dan menghentikan pelacakan lokasi seseorang lewat email

Anda dapat dengan bebas membuka email terlacak karena Email Jelek secara otomatis menonaktifkan pelacak. Anda akan melihat pemberitahuan setiap kali pelacakan dinonaktifkan. Dalam pengalaman saya, ia mampu memblokir banyak jenis metode pelacakan. Bahkan ketika semua metode manual di atas gagal untuk saya; Email Jelek masih dapat menemukan dan menonaktifkan pelacak.

Cara mendeteksi dan menghentikan pelacakan lokasi seseorang lewat email


Kesimpulan

Saya juga harus memperingatkan Anda bahwa, selain untuk tujuan analisis, pemantauan email juga digunakan oleh scammers untuk melakukan serangan phishing yang lebih baik. Mereka dapat mengetahui apakah email tersebut aktif dan kemudian memantau aktivitas Anda untuk menemukan sweet spot Anda untuk menipu Anda.

Melindungi diri Anda dari email terlacak akan memungkinkan Anda untuk menanggapi email dengan kecepatan Anda sendiri dan mungkin menyelamatkan diri dari penipuan.

Detail Pemesanan

Cara mendeteksi dan menghentikan pelacakan lokasi seseorang lewat email
Cara mendeteksi dan menghentikan pelacakan lokasi seseorang lewat email
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Contact Us via Whatsapp