LGV6NWVbNGx6MWVcNGt9NWx6yTUfATofA6YbyaV=
0

Keranjang Belanja

Sub-Total : 0
Checkout
Apa Itu Click Funnel? Bagaimana Menerapkanya

Apa Itu Click Funnel? Bagaimana Menerapkanya

javagrafis.comKata Clickfunnel mungkin sangat ajaib di indera pendengaran masyarakat kebanyakan padahal menerapkan click funnel dalam membuka usaha sangat berfaedah bagi pemilik bisnis online. Kaprikornus apa sih itu click funnel? Click funnel disebut juga dengan kanal penjualan. Click Funnel yakni cara gampang untuk mengenali perjalanan konsumen atau customer journey dalam proses penjualan anda. 

Jika anda bergerak di bidang bisnis online atau mempunyai perjuangan di website anda, tak ada salahnya mempelajari teori click funnel ini dan mempraktekkannya agar penjualan anda meningkat. ClickFunnels ini penting untuk menolong anda mengerti tahapan yang dilalui oleh kandidat pelanggan anda dan dapat menolong anda untuk memperoleh lubang dalam setiap tahapan yang perlu anda perbaiki.

Apa Itu Click Funnel?

Click Funnel


Click Funnel juga di kenal selaku Sales Funnel adalah setiap tahap yang harus diambil oleh seorang kandidat pelanggan untuk menjadi pelanggan bisnis online anda. Salah satu pola sales funnel dalam penjualan konvensional yakni ketika seseorang kepincut melihat etalase toko anda, maka mereka akan menetapkan untuk masuk ke toko anda maka langkah tersebut merupakan tahapan pertama untuk menjadi konsumen anda.
Pelanggan tersebut akan menyaksikan produk-produk yang anda pajang di toko anda dan ini merupakan tahap kedua. Ketika konsumen tersebut memilih produk – produk yang anda jual dan membawanya ke kasir maka pelanggan tersebut berada di tahap terakhir. Tahapan yang diterangkan tersebut merupakan acuan dari click funnel. Tujuan dari click funnel atau sales funnel yaitu pembelian.

Click Funnel berlaku untuk setiap bisnis perjuangan baik berbentuktoko ritel, toko online, email, penjualan melalui website dan sebagainya. Marketing Funnel yaitu kunci dalam mengukur, mengelola dan memperbaiki proses penjualan anda. Click Funnel bisa menggambarkan bagaimana setiap penjualan dimulai dengan adanya banyak kandidat konsumen yang selsai pada sebuah transaksi pembelian.

Nilai Sales Funnel yang baik adalah yang memiliki kesanggupan untuk :

  1. Menentukan tahapan proses sales funnel yang terperinci dan konsisten yang mampu merefleksikan perjalanan pelanggan anda.
  2. Melakukan komunikasi yang terperinci di seluruh departemen penjualan, penjualan dan administrasi lainnya menuju satu visi penjualan bareng .
  3. Memprediksi pemasukan penjualan yang akan datang dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi ketimbang penjualan yang dijalankan tanpa sales funnel yang jelas.

Mengapa Harus Menerapkan Click Funnel?

Click Funnel

Clickfunnel semestinya dipraktekkan dalam suatu bisnis alasannya clickfunnel mampu menolong anda untuk mengetahui setiap langkah yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan penjualan. Dalam melakukan penjualan, anda mampu mengenal konsumen anda lebih bersahabat dengan menanyakan hal-hal yang mereka inginkan dan menjelaskan produk anda secara terperinci.

Setiap tahapan penjualan berpengaruh pada sikap pelanggan dan tujuan dari click funnel tersebut. Jika anda tidak memahami click funnel dalam bisnis, anda tidak mampu mengoptimalkan penjualan anda. Dengan mengerti click funnel, anda dapat menghipnotis cara hadirin bergerak melalui tahapan dan apakah mereka balasannya menjadi konsumen atau calon pelanggan.

Tahapan Sales Funnel

Dalam sales funnel terdapat beberapa tahapan yang mewakili pola pikir kandidat pelanggan anda. Tahapan dalam sales funnel atau journey to sales funnel merefleksikan bagaimana langkah-langkah pengambilan keputusan utama dalam perjalanan konsumen anda untuk melaksanakan pembelian. Setiap tahapan ini memerlukan pendekatan yang berlainan. Adapun tahapan sales funnel adalah awareness, interest, decision dan action.

Awareness

Awareness

Awareness atau kesadaran terjadi saat konsumen tertarik pada produk yang anda jual yang mungkin mereka lihat melalui etalase, postingan di Instagram ataupun artikel Facebook. Ketika kandidat pelanggan kesengsem maka mereka akan melaksanakan observasi terhadap produk yang anda jual dan jika chemistry sempurna, mungkin saja konsumen eksklusif berbelanja produk anda.

Tahap kesadaran merupakan tahap mengenalkan produk anda. Anda juga mampu menjajal merayu konsumen untuk kembali ke toko ataupun situs anda dan membeli produk – produk yang anda jual.

Interest

Interest


Interest atau disebut juga ketertarikan. Ketika calon pelanggan terpesona akan produk anda, mereka akan melakukan pencarian dan penelitian terhadap produk anda. Pelanggan juga biasanya melakukan perbandingan produk dan harga dan menimbang-nimbang pilihan yang mau mereka ambil. Pada tahap ini, anda mampu menjajal untuk menjelaskan dan memberikan produk anda.

Decision

Decision

Decision atau keputusan. Pada tahap ini, calon konsumen akan menimbang-nimbang produk, harga dan pelayanan yang mereka terima. Mereka akan berpikir untuk berbelanja atau tidak berbelanja produk anda.  Pada tahap ini, anda dapat penawaran menawan untuk menarik kandidat konsumen tersebut dengan menyampaikan potongan harga, bonus ataupun gratis biaya pengiriman.

Action 

Action


Action atau tindakan yakni tahapan terakhir dalam click funnel. Tindakan dari keputusan yang dibuat oleh konsumen tersebut. Apakah akan berbelanja atau tidak. Jika konsumen mencapai pecahan tahapan simpulan ini, bukan memiliki arti peran anda selesai. Anda juga harus mengamati kepuasan konsumen kepada pelayanan dan produk anda alasannya adalah hal tersebut akan membantu rating dan penjualan anda.

Strategi Membangun Digital Marketing Funnel yang Baik

Perilaku konsumen senantiasa berubah mengikuti zaman, pendekatan konsumen bertahun-tahun lalu tentu akan berbeda dengan era digital sekarang ini. Digital marketing funnel yakni gabungan teknik dan sistem yang mampu dipakai membantu bisnis anda pada periode digital ini. Contoh marketing funnel yang bagus ialah pemasaran yang dijalankan dengan menggunakan strategi yang sempurna. Adapun taktik tersebut ialah:

Analisis Perilaku Calon Pelanggan

Analisis Perilaku Calon Pelanggan

Yang perlu anda kerjakan yakni mengecek perilaku calon konsumen anda alasannya semakin banyak anda tahu ihwal kandidat konsumen anda maka kian efektif sales funnel anda.

Buat Konten Menarik

Buat Konten Menarik

Ambil perhatian pelanggan anda dengan menarik mereka lewat konten-konten yang anda buat terkait produk-produk yang anda jual baik berbentukfoto dan video. Anda juga dapat menjalankan iklan pada platform tertentu supaya produk anda lebih mudah dikenali.

Buat Landing Page

Buat Landing Page

Buat landing page biar kandidat pelanggan anda dapat menyaksikan penawaran-penawaran yang anda berikan. Landing page mesti mengarahkan hadirin ke langkah selanjutnya dalam sales funnel.

Edukasi Produk

Edukasi Produk

Kampanye marketing untuk membantu anda menjual produk yang anda jual melalui konten yang luar biasa yang di upload secara terorganisir. Dalam tahap ini, anda juga mampu mengedukasi calon konsumen anda terkait produk anda.

Remarketing

Remarketing

Tetap terhubung. Jangan lupakan konsumen anda sebelumnya. Anda mesti tetap meraih mereka agar mereka mampu memberikan referensi yang baik terhadap produk anda. Dengan menjangkau pelanggan yang sudah ada, juga akan menolong anda dalam melaksanakan promosi yang dapat saja mereka lakukan kepada sahabat dan keluarga mereka. Jangan lupa untuk menyampaikan reward pada mereka melalui voucher potongan harga.

Kesimpulan
Untuk mengembangkan dan memaksimalkan penjualan anda maka tidak ada salahnya untuk mempelajari dan menerapkan click funnel atau disebut juga sales funnel dalam bisnis anda. Sales Funnel dapat membantu anda melihat kekurangan dalam setiap penjualan anda. Kembangkan sales funnel anda yang diubahsuaikan dengan pendekatan kepada beberapa tahapan penjualan.

Detail Pemesanan

Apa Itu Click Funnel? Bagaimana Menerapkanya
Apa Itu Click Funnel? Bagaimana Menerapkanya
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Contact Us via Whatsapp